korek mesin motor menjadi kencang

assalamualaikum wr. wb.

Apa kabar pecinta motor. Disini saya mencoba berbagi ilmu, banyak orang yang kepengen motor nya jadi kencang tapi gk tau harus ngerubah apa aja.!!!!!!!!
       Nah, disini saya mencoba berbagi ilmu atas apa yg pernah saya alami di dunia motor...
langsung aja yoooooo. kita bahas.!!!!


PERTAMA

 KARBURATOR
          Mengganti sepuyer dengan ukuran yang lebih besar itu bagus ,tapi saya saranin buat motor yang benar-benar standar anda naikin spuyer jangan terlalu besar minimal anda naikin 5 sampai maksimal 10,tapi kalo anda mau rombak yang agak ekstrim anda bisa lemer karbu anda, biasanya ada batasan buat ngelemer karbu. Saran saya,  lemer 1,5 sampai 2mm,itu juga ga bisa anda kerjain sendiri, anda musti singgah ke tukang bubut.
Jadi gak bisa sembarangan and anggap enteng karna kalo lemer karbu resikonya sangat besar,karburator anda gak bisa di balikin jadi standar lagi dan kalo salah sedikit aja pada lemeran itu berakibat motor bakalan susah di seting dalam arti kata jadi ngawur tu setingan, jadi saya saranin buat pemula anda cukup main sepuyer aja karna gak beresiko tinggi dan bisa di balikin jadi standar lagi.
                 Lebih praktis juga kalaw, anda langsung aja ganti karbu nya dengan yang racing, lebih praktis tinggal pasang GAK ribet lagi.
KEDUA
NOKEN AS atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT ,NOKEN AS ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya pasokan bahan bakar yang akan diproses sampai menghasilkan tenaga pada mesin motor kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat sakti buat para tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive jika salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias lemot,para mekanik punya jurus masing-masing dalam memodifikasi NOKEN AS.
Tapi saya punya bocoran sedikit buat kalian semua yang suka bikin kencang motor apalagi bagi para jago balap liar,moga-moga bocoran saya ini bisa kalian terapin ama tunggangan kalian, sebelum anda korek NOKEN AS, Anda harus paham dulu apa aja yang harus lo perhatiin.
Pertama –tama anda ukur camp standarnya baik yang IN maupun yang EX dengan alat ukur yang namanya SIKMAT,trus lo catat LIFT nya berapa trus LSA nya juga,kalau untuk motor standar korek kita tidak perlu EXTRIM untuk memangkas campnya,cukup mengambil 0,5mm dari ukuran standar motor udah sangar,tapi dalam hal ini anda jangan salah tanggap, jangan anda pikir kalo anda udah pangkas CAMP nya motor anda langsung ngacir, annda harus ngukur KOMPRESI motor anda. karna CAMP yang udah anda ubah tadi membutuhkan pasokan bahan bakar yang gak sedikit lagi, Jadi OTOMATIS KOMPRESI MOTOR harus diukur ulang untuk mendapatkan POWER yang MAKSIMAL.
Setelah diubah ukur KOMPRESI menggunakan Alat ukur KOMPRESI yang dinamakan (BURED),karna dengan mengukur KOMPRESI ulang kita dapat mengetahui perbandingan KOMPRESI standar dengan setelah kita rubah, karna kelebihan KOMPRESI juga gak bagus,mengakibatkan motor galak di bawah, pas diatasnya mandek.  bisa mengakibatkan kemacetan pada SEHER (PISTON),sebelum mencoba trik di atas alangkah baiknya kalian mempelajari dahulu cara-cara tuning CAMP agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari.


KETIGA

                Buat yang satu ini saya gak bisa ngasih penjelasan yang kongkrit karna dalam pengalaman saya CDI atau perangkat pengapian ini sudah di buat permanen,kita. semua gak bisa ngerubah apa lagi kutak kutik itu CDI bisa gak idup tu motor alias MAMPUS, tapi semua itu ada jalan keluarnya , anda liat gambar diatas ada 2 CDI,yang gak ada logonya itu CDI standar pabrik and yang satunya CDI racing,setiap motor standar biasanya perangkat CDInya menggunakan CDI yang LIMITER sehingga kita tidak bisa geber motor hingga maksimal karna sudah dipatok hanya bisa digeber misalkan Cuma 10000rpm gak bisa lebih ,sedangkan CDI racing pada gambar yang ada disamping gambar CDI standar tersebut menganut sistim CDI unlimiter artinya rpm yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya.
Oleh karna itu saya saranin sama kalian jangan main-main sama perangkat yang satu ini, mending langsung ganti aja CDI yang standar ama yang RACING kalo mau ngedapetin rpm yang maksimal.

KEEMPAT

SEHER
Penggantian seher dapat d sesuai kan dengan kebutuhan yang d inginkan. jika ingin hasil yang puas gunakan seher yang ukuran gede, tp penggunaan seher yg berukuran besar gk boleh dibawa harian. jika ingin bisa d bawa harian, pake aja seher yg sedeng ukuran nya,,,,,

ngebesar in seher belum tentu bikin motor kita ngacir, yg ngebuat motor larinya kenceng tergantung setingan nya..........
      
Semoga apa yg saya sampai kan d atas, bisa bermanpaat buat anda pecinta motor kencang. disini saya bukan bermaksud menjadi orang yg so tau. tapi d sini saya hanya berbagi ilmu untuk anda semua.



"WASSALAM"

0 Response to " "

Posting Komentar