Modul BSI PTIK
PERANAN DAN DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI
1. DALAM DUNIA PERBANKAN
http://www.klikbca.com
2. DALAM DUNIA PENDIDIKAN
http://www.bsi.ac.id
3. DALAM DUNIA MEDIS
http://www.rspondokindah.co.id
4. UNTUK KEPOLISIAN
http://www.polri.go.id
5. UNTUK PERDAGANGAN ELEKTRONIK
http://www.bhinneka.com
6. UNTUK PERANCANGAN PRODUK
http://indonetwork.co.id
DAMPAK POSITIF PENGGUNAAN TIK
- Memudahkan dalam berkomunikasi & memperoleh informasi
- Mengembangkan kemampuan dan kesadaran masyarakat
- Menunjang dan meningkatkan kualitas pendidikan
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan publik
- Mendorong pertumbuhan demokrasi
- Membuka peluang bisnis baru
- Memperkaya kebudayaan
- Menunjang teknologi pertanian
- Menciptakan lapangan pekerjaan
- Meningkatkan layanan bidang kesehatan
DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TIK
- Mendorong munculnya kejahatan jenis baru
- Mempermudah masuknya nilai-nilai budaya asing yang negatif
- Mempermudah penyebarluasan karya-karya pornografi
- Mendorong tindakan konsumtif dan pemborosan dalam masyarakat
- Mendorong kekejaman dan kesadisan
- Memperluas perjudian
- Etika berinternet
- Dampak negatif komputer terhadap kesehatan
Mengenal istilah eCommerce
- E-Commerce, atau Electronic Commerce adalah istilah yang dipakai untuk berbagai jenis transaksi bisnis atau komersial yang melibatkan tranfer informasi melalui internet.
- B2B (business to business) eCommerce
- -eCommerce antara usaha dan usaha baik pelanggan maupun pemasok (supplier)
- -Melakukan transaksi antar usaha ini secara elektronik dapat banyak keuntungan seperti lebih cepat, lebih nyaman, lebih efisien.
Sebelum eCommerce berkembang di internet ada suatu sistem yang bernama EDI (Electronic Data Interchange) yang diterapkan banyak usaha. EDI memerlukan infratruktur yang lebih kaku dalam penerapannya sehingga cenderung lebih kompleks dan mahal penerapannya.
- eMarketplace
eCommerce telah mendorong terbentuknya pasar-pasar tersendiri dimana pembeli dan penjual bisa bertemu dan berinteraksi dalam dunia maya.
Mengenal istilah eCommerce
B2C (business to consumer) eCommerce
- eCommerce antara usaha dan konsumen secara langsung
- Dengan semakin banyaknya pribadi yang terhubung pada internet maka pasar B2C semakin potensial
- Konsumen mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa yang ditawarkan secara online
- Usaha mendapatkan akses pada pasar dan konsumen yang luas secara global
- Manfaat yang didapat secara umum sama dengan B2B (cepat, nyaman dan efisien)
- Contoh B2C
Amazon.com (retail buku dan berbagai jenis barang)
eBay.com (lelang berbagai barang bekas pakai secara online (termasuk C2C atau consumer to consumer)
5 Komponen Utama Implementasi eCommerce
1. Pengembangan Produk
Produk dan Jasa harus memiliki keunggulan dan daya saing Dikembangkan terus menerus (inovasi dan kualitas)
2. Promosi
Produk dan Jasa memerlukan promosi yang efektif secara terus menerus
3. Transaksi secara online
Membangun infrastruktur dan mengoperasikan fasilitas terkait yang menjaga kenyamanan pelanggan (mudah, murah, cepat, berkualitas, responsif dll.)
4. Product delivery
Produk digital dan jasa umumnya lebih mudah dikelola eCommerce sedangkan produk yang secara fisik memerlukan pengiriman memerlukan proses bisnis yang efisien untuk dapat memenuhi standard dan tuntutan eCommerce.
5. After-sales support
eCommerce memungkinkan pemanfaatan internet (email, situs web) untuk memberikan layanan purna jual. Memerlukan keterpaduan seluruh sistem dan prosedur pada pelaku bisnis
Untuk Download Latihan Soal dan Kunci Jawaban BSI klik Disini
Ketika membuka link klik "SKIP AD" pada pojok kanan atas
Ketika membuka link klik "SKIP AD" pada pojok kanan atas
0 Response to "Modul BSI PTIK Pertemuan 14"
Posting Komentar