Mengajar TIK/Komputer Anak SD itu Mudah, Kata Tetangga Sebelah...

Banyak yang mengatakan, mengajar komputer untuk anak SD itu gampang, paling cuma ngasih materi dasar biar siswa tahu aplikasi, aplikasinya juga paling paint, bukan untuk membuat mereka bisa lebih-lebih mahir. Pernyataan mengajar komputer anak SD itu gampang, menurut saya tidak salah, dan memang gampang apalagi kalau medianyaa ada, lab komputernya bagus, plus menggunakan modul tik sd yang saya buat (hihi). Tapi sebelum mengatakan gampang, boleh dong saya bertanya sudah berapa tahun anda mengajar komputer untuk anak SD? Nah loh. Siapapun yang berani mengatakan gampang pasti punya fakta logis yang disebut empiris, empiris mengajar tik untuk anak SD maksudnya. Kalau sekonyong-konyong mengatakan mudah tapi belum pernah mengalami bagimana mengajar komputer untuk anak SD, boleh dong saya pun mengatakan bulsit.

Siswa SD Islam Nida El-Adabi saat mengikut pelajaran TIK/Komputer
Saya sendiri sampai sekarang tidak berani mengatakan mengajar komputer untuk anak sd itu mudah, setidaknya pengalaman mengajar komputer untuk anak SD selama tujuh tahun memberi pengalaman berharga buat saya. Bahwa mengajar komputer untuk anak SD itu tidak semudah yang tetangga sebelah bicarakan, tetap saja yang namanya proses KBM pasti ada kendala-kendala, ada hambatan dan tantangan.

Contoh sederhana, umpamanya anda pertama kali diamanahkan untuk mengajar mata pelajaran komputer kelas 3 SD misalnya. Hal pertama yang anda pikirkan apa? Pasti materinya apa? Setelah lihat silabus diknas, itu kalau anda tidak bisa membuat silabus sendiri dan tidak mau dibilang menyalahi ketentuan pemerintah, saat itu juga anda akan bingung, ini materinya gimana ya? kok silabusnya begini?

Okelah anda nekat, dan tetep mengatakan "lah anak SD ini paling gak tahu apa-apa" dan di kelas pertama syukur-syukur langsung di ruang praktik / lab komputer karena di lab anda lebih mudah untuk tampil lebih pintar dari siswa anda yang SD itu. Berbeda ceritanya kalau berada dikelas menyampaikan materi tanpa perangkat komputer, pasti anda hanya jadi penutur sejarah yang menceritakan sejarah komputer, itupun kalau anda pandai bercerita, kalau tidak, jam mengajar akan terasa sangat panjang.

Diruang lab, anda bersiap mengajar aplikasi pengolah gambar sederhana, Microsoft Paint. Tahu kan fungsi aplikasi ini? Pengolah gambar, begitu kira-kira textbooknya. Mudah-mudahan anda punya kreativitas yang tinggi dan memiliki kemampuan menggambar dan berjiwa seniman, sebab kalau tidak memiliki kriteria itu "sumpah" aplikasi Paint itu tidak menarik, paling-paling cuma buat gonta - ganti warna doan, atau ujung-ujungnya anda akan mengambil jurus cerdas "nak sekarang menggambar bebas, gambar yang paling bagus akan mendapatkan nilai 100" tentu pengumuman seperti ini akan disambut "horeeeeee" sama siswa anda yang sebenarnya bosan dengan anda.

Sampai jam terakhir anda selamat dengan solusi menggambar bebas tadi, dan siswa pun senang karena bisa menggambar bebas, dikomputer pula. Lalu, apa yang akan anda rencanakan minggu depan untuk siswa anda yang barusan menggambar bebas?

Pastinya anda akan berpikir keras untuk menyiapkan materi berikutnya, dengan browsing-browsing mencari materi mengajar paint untuk sd kelas 3, yang ujung-ujungnya ketemu dengan hasil pencarian ini...

Atau malah ketemu yang ini....

Pastinya anda akan membuka satu persatu judul tulisan hasil pencarian anda, dan jujur saja itu juga melelahkan, karena tidak semua artikel yang anda baca riil pengalaman penulisnya, wal hasil pencarian pun nihil. Sampai tahap ini saja, kalau anda tidak sabar pasti akan mengatakan "susah juga ya mencari materi mengajar komputer untuk anak SD?" yang mungkin dilanjutkan dengan "ternyata mengajar komputer anak SD itu tidak mudah ya"

Kalau melihat anak SD nya pasti menganggap mengajar mata pelajaran komputer untuk mereka itu mudah, tapi kalau urusannya dengan materi yang pas buat mereka baru terasa sulitnya. Contohnya mengajar Paint tadi, kalau sekedar memperkenalkan aplikasi tersebut memang mudah, tapi mengeksplorasi pembelajaran agar menarik dan sesuai sangat tidak mudah. Perlu pengalaman, dan mau berdiskusi dengan rekan-rekan yang mengajar komputer untuk anak SD lainnya.

Contoh lainnya, saya memberikan materi microsoft powerpoint kepada kelas 6, tapi materinya bukan belajar membuat presentasi melainkan eksplorasi tools animasinya, seperti membuat aniasi-animasi sederhana, membuat bentuk objek 3D dan materi lainnya yang pas untuk anak usia kelas 6 SD.

0 Response to "Mengajar TIK/Komputer Anak SD itu Mudah, Kata Tetangga Sebelah..."

Posting Komentar