Ketupat Lebaran dan Selfie 1436 H

Jum'at ini merupakan moment penting setelah sebulan lamanya kami berpuasa, kami menyebutnya hari kemenangan, dalam kitab kami menyebutnya Idul fitri, dan orang Indonesia lebih asyik menyebutnya dengan sebutan hari lebaran. Semuanya sinonim kata yang menggambarkan dan di maknai beragam, hari yang dianggap sangat special, yang untuk merayakannya orang rela antri bus di terminal, rela antri di loket penjualan tiket kendaraan umum, rela antri dan mempertaruhkan keselamatannya berbonceng sepeda motor berpuluh bahkan ratus kilometer menuju kampung halamannya, tak lain untuk bisa berkumpul bersama keluarga untuk merayakan hari yang spesial ini, Idul fitri.

Berkumpul bersama keluarga, sebenarnya moment pentingnya. Tentu ada hal-hal penting lainnya, seperti sungkeman, silaturahim untuk maaf-maafan, syukuran atas nikmat panjang umur bisa menikmati lebaran lagi, dan banyak lagi.

Ketupat lebaran
Yang ini merupakan hidangan khas lebaran di Indonesia, terutama di jawa. Ketupad dan lebaran sendiri bagi orang jawa penuh makna, setidaknya ini yang pernah saya baca di websitenya nu.or.id.

Lebaran mengandung maksud lebar-lebur-luber-labur. Lebar artinya kita akan bisa lebaran dari kemaksiatan. Lebur artinya lebur dari dosa. Luber artinya luber dari pahala, luber dari keberkahan, luber dari rahmat Allah SWT. Labur artinya bersih sebab bagi orang yang benar-benar melaksanakan ibadah puasa, maka hati kita akan dilabur menjadi putih bersih tanpa dosa

Ketupat,dalam bahasa Jawa ketupat diartikan dengan ngaku lepat alias mengaku kesalahan,bentuk segi empat dari ketupat mempunyai makna kiblat papat lima pancer yang berarti empat arah mata angin dan satu pusat yaitu arah jalan hidup manusia.
Selfie 1436 H
di era digital, belum terasa serunya kalau belum photo-photo, anak sekarang bilangnya selfie.Tidak peduli acaranya apa, yang penting photonya ada. Mengabadikan moment alasannya. Sesudah photo ada, tidak lupa share ke medsos dan setelahnya biarkan admin medsos yang mengarsipkan photo-photo tersebut. selesai.

Berikut beberapa photo pas acara makan ketupat bareng keluarga besar kami yang kalau lagi berkumpul seperti moment lebaran ini jumlahnya bisa ratusan. Tiap lebaran selalu berkumpul di salah satu rumah yang sebelumnya disepakati dulu, dan lebaran kali ini kebetulan tempatnya di rumah mertua saya...

photo dulu bareng Ustadz Afid sebelum makan ketupat lebaran...
mari makan ketupat lebaran.....

lengkapi dengan es buah yang hmmmm...
ruang garasi pun ndak masalah, yang penting ketupatnya...

akhirnya garasi jadi tempat yang enak buat makan ketupat...
kena foto juga...

foto dulu ma yang masaknya.... (paling kanan)

yang paling kiri tuan rumahnya....
yang ini pak kiyainya.... pengen di foto juga...
dan ini dia the first menu di hari lebaran kami.....

0 Response to "Ketupat Lebaran dan Selfie 1436 H"

Posting Komentar