Memetakan Materi Mengajar Tahun Ajaran Baru 2016/2017

Mengevaluasi kegiatan mengajar tahun ajaran lalu, ada banyak materi pelajaran yang tidak tuntas, atau tuntas tapi dipaksakan. Karenanya untuk tahun ajaran baru ini saya coba memetakan kembali materi mengajar mengajar saya. Merampingkan materi tahun lalu yang dirasa terlalu banyak tetapi tidak sesuai dengan kondisi sekolah dan pengalaman belajar siswa. Mengkaji kembali kompetensi dasar (KD) dari silabus pada kurikulum yang digunakan agar sesuai dengan daya dukung, intake dan kompleksitas.

Sebagai gambaran awal, untuk mengeidentifikasi materi pokok yang akan saya ajarkan, terlebih dahulu tentu hal-hal berikut menjadi pertimbangan;
1. Potensi peserta didik yang akan saya ajar
2. Kesesuaian materi ajar dengan karakterisitk daerah
3. Perkembangan siswa (fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual)
4. Kebermanfaatan materi pelajaran bagi peserta didik
5. Struktur keilmuan
6. Aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
7. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
8. Dan alokasi waktu

Point-point diatas merupakan pertimbangan sebelum menentukan materi pembelajaran agar kompetensi dasar bisa tercapai, setidaknya mengarah kepada proses tercapainya kompetensi dasar yang sudah ditentukan pada silabus pembelajaran.

Tahun ini saya mengajar 4 mata pelajaran, yaitu;
1. Pemrograman web dasar kelas 10
2. Perakitan komputer kelas 10
3. Disain multimedia kelas 10
4. Disain multimedia lanjutan kelas 11
5. Videografi kelas 12

Evaluasi dan koreksi
Semuanya merupakan mata pelajaran dasar program keahlian dan paket keahlian, karenanya untuk memetakan materi tiap mata pelajaran, point-point nomor 1 - 8 diatas menjadi pertimbangan. Hasil evaluasi peserta didik tahun lalu sesuai point-point diatas bisa diambil gambarkan sebagai berikut;
  • Rata-rata siswa saya berasal dari SMP/MT's lingkungan sekitar, rata-rata di sekolah asal mereka mata pelajaran TIK, merupakan mapel yang saya jadikan sebagai acuan awal untuk mengukur potensi siswa yang akan saya ajar, proses KBM nya masih rendah, indikatornya bisa dilihat dengan masih "groginya" siswa ketika berinteraksi dengan hardware komputer, belum lancar mengetik bahkan masih ada yang belum tahu proses menyalakan dan mematikan komputer, penguasaan aplikasi dasar seperti office juga sangat rendah. Jadi sebelum saya memulai mengajar pemrograman web terlebih dahulu harus mengajar mereka dasar-dasar komputer, seperti mulai menyalakan mematikan dan mengetik.
  • Karakterisitik daerah tempat sekolah berada dan tempat tinggal siswa yang juga masih satu daerah, karena mayoritas siswa saya masih dilingkungan kecamatan yang sama, merupakan lingkungan pedesaan dengan tingkat pemahaman terhadap teknologi informasi masih sangat rendah, khususnya pemahaman terhadap pemanfaatan teknologi komputer, kecuali handphone. Indikatornya sama dengan point satu tadi.
  • Perkembangan fisik, intelektual, emosinonal, sosial dan spiritual siswa saya rata-rata hampir sama, fisik yang normal, untuk intelektual emosinal dan sosial serta spiritualnya variatif. Mereka anak yang baik dari segi sporitual, tetapi ada masalah di komunikasi, rata-rata keingintahuan terhadap materi ajar masih rendah, mungkin ini karena lingkungan sosial dan proses KBM di sekolah sebelumnya yang saya bahas di point satu dan dua.
  • Seberapa manfaat materi pelajaran bagi peserta didik saya? Jika melihat potensi, karakteristik dan perkembangan siswa sebenarnya materi pelajaran yang saya berikan manfaatnya tidak begitu besar, penguasaan aplikasi office akan lebih bermanfaat buat mereka dibanding penguasan pemrograman dasar, hanya sebagian kcil siswa yang bisa menyadari manfaat materi pelajaran saya tersebut, dari 30 siswa mungkin hanya 1 sampai 2 siswa saja. Tapi untuk mendukung kompetensi jurusan, maka mata pelajaran saya harus dikuasai terutama mata pelajaran disain multimedia dan videografi.
  • Struktur keilmuan, aktualisasi, dan kedalaman materi pembelajaran jika melihat pada kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan secara kekinian, semua materi yang ada dalam mapel ajar saya merupakan materi yang semestinya disenangi, ingin serius dipelajari dan bisa dimanfaatkan untuk kehidupan siswa saya nantinya.
Memetakan materi mengajar pemrograman web dasar
Untuk memetakan materi pelajaran yang akan saya ajarkan kepada siswa saya untuk mapel pemrograman web dasar ini, terlebih dahulu saya akan melihat kompetensi dasar yang ada pada silabus ;
(1). Kompetensi inti dan kompetensi dasar bisai dilihat disini
(2). Silabus pembelajaran bisa dilihat disini

Berikut KD pemrograman web dasar yang akan saya ajar tahun ajaran 2016/2017;
3.1. Memahami konsep teknologi aplikasi web
3.2. Memahami format teks pada halaman web
3.3. Memahami format tabel pada halaman web
3.4. Memahami tampilan format multimedia pada halaman web
3.5. Memahami format kaitan pada halaman web
3.6. Memahami format formulir pada halaman web
3.7. Pengenalan dasar-dasar CSS

4.1. Menyajikan teks dalam format tertentu pada halaman web
4.2. Pengenalan dasar-dasar PHP
4.3. Menyajikan hasil pengelolaan halaman web menggunakan kode program 

Ada beberapa KD yang saya hilangkan. Dengan KD yang dirampingkan tersebut mudah-mudahan materi ajar saya bisa tuntas dan siswa bisa mengambil dan mengimplementasikan manfaat dari materi pembelajaran yang saya ajar tersebut.

1 Response to "Memetakan Materi Mengajar Tahun Ajaran Baru 2016/2017"

chintia lim mengatakan...

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


bosku minat daftar langsung aja bosku^^

Posting Komentar