Materi Pelajaran TIK/Komputer Di SD dan SMP Islam Terpadu

Materi Pelajaran TIK/Komputer Di SD dan SMP Islam Terpadu | Suatu hari saya mendapat sms yang isinya begini "Pak mau tanya materi apa saja yang kita ajarkan untuk SMP Islam Terpadu mulai dari kelas 7,8,9?" dan beberapa saat saya kirim sms balik "pelajaran apa?" karena saya belum tau materi yang ditanyakan si pengirim sms tersebut pada mata pelajaran apa? "pelajaran TIK pa" jawab si pengirim sms tersebut. Terus terang saya tidak mengajar mata pelajaran TIK baik di SD maupun di SMP, karena mata pelajaran yang saya ajar nama mata pelajarannya Komputer lebih tepatnya penguasaan aplikasi komputer. Untuk yang di SD saya mengajar dasar-dasar aplikasi Office, materinya bisa dilihat disini. Sedangkan untuk yang SMP pun saya mengajar hal yang sama cuma beda aplikasi saja, materi yang saya ajar di SMP bisa dilihat disini.

Sekalipun begitu, coba saya jawab sesuai pengalaman mengajar saya pada mata pelajaran aplikasi komputer baik di SD maupun di SMP, dan perlu dicatat sekolah tempat saya mengajar adalah Sekolah Swasta Islam tetapi bukan SIT.

Untuk pelajaran komputer di SD tempat saya mengajar, materinya tediri dari:
  • Kelas III SD, pelajaran komputer di sekolah tempat saya mengajar di mulai dari kelas III, materinya adalah pengenalan perangkat keras komputer dasar, pengenalan cara menggunakan komputer, pengenalan program accesorries mulai dari aplikasi multimedia, Paint dan Wordpad. 
  • Kelas IV SD, materinya adalah menggunakan perangkat lunak pengolah kata / Wordprocessor, dengan menggunakan aplikasi Micorosft Word, dan pengenalan internet.
  • Kelas V SD, materinya adalah menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel dan pengenalan internet seperti membuat email, rbowsing, dan pengenalan situs-situs edukasi.
  • Kelas VI materi yang saya ajarkan adalah penggunaan Micorosft Powerpoint, seperti membuat animasi-animasi sederhana interaktif, dan materi internet.
Semua materi pelajaran Komputer yang saya ajarkan di Sekolah Dasar tempat saya mengajar saya buatkan modulnya, ini tak lain untuk memudahkan proses KBM. Lihat modul pelajaran komputer SD terbaru yang saya buat lihat disini: Modul belajar Komputer untuk SD tahun ajaran 2015/2016.

Materi pelajaran Komputer yang saya ajarkan untuk SMP, yaitu:
  • Kelas VII, materi yang saya ajarkan adalah animasi sederhana menggunakan beberapa software untuk membuat animasi secara wizard, termasuk didalamnya juga saya menggunakan Powerpoint untuk pengenalan awal pengenalan prinsip animasi. Karena animasi juga berhubungan dengan disain, maka saya juga memberikan materi disain menggunakan Photosop.
  • Kelas VIII, materinya adalah Photosop lanjutan, dan aplikasi lain penunjang disain.
  • Kelas IX, membuat blog di blogger dan wordpress, dan terakhir materinya adalah membuat website pribadi menggunakan Wordpress, pengenalan hosting dan domain, rumah hosting, cara upload file wordpress ke cPanel dan project membuat website mengguanakan Wordpress dengan hosting dan domain sendiri.
Dan karena Sekolah tempat saya mengajar adalah Sekolah Islam, maka sebisa mungkin materi-materi yang saya ajarkan berkaitan dengan pelajaran agama. Misalnya untuk materi di SD semua latihan praktiknya berkaitan dengan materi pelajaran agama islam. Misalnya di kelas 6 ada materi praktik membuat Slide presentasi Interaktif nama-nama Malaikat Allah, Tata Cara Beruwdhu, dan 4 Sifat Rosulullullah SAW. Begtupun untuk disain di SMP sebisa mungkin diarahkan ke disain yang berkaitan dengan nilai-nilai kegamaan.

Bagi temen-temen yang mengajar TIK/Komputer di SD/SMP Islam Terpadu yang membutuhkan modul-modul yang sudah saya buat, dianataranya:
Nah kira-kira itulah jawaban saya untuk salah seorang yang sudah bertanya tentang materi apa saja yang saya ajarkan di SMP Islam. Kalau di SMP Islam terpadu terus terang saya belum pernah mengajar di sekolah SIT, tapi untuk silabus pembelajarannya saya pernah membacanya, karena pernal study banding di salah satu SIT di kawasan Kemang Bogor. Kurang lebih materinya seperti sama seperti yang saya buat, tentu tiap SIT punya pengembangan kurikulum masing-masing. Tapi intinya materi yang diajarkan kepada siswa merupaan pengembangan dari kurikulum diknas ditambah muatan agama yang dikembangkan SIT masing-masing.

0 Response to "Materi Pelajaran TIK/Komputer Di SD dan SMP Islam Terpadu"

Posting Komentar